G
GlobalRiset
Portal Indeksasi Jurnal

Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di Klinik Mitra Permata Hati Dempet Demak

Azza Noviasari Kusumaningrum, Noor Hidayah, Edi Wibowo Suwandi
Abstrak

Diabetes melitus (DM) dikenal sebagai sillent killer karena sering tidak disadari oleh penyandangnya dan saat diketahui sudah terjadi komplikasi (Salma et al.,2019). Pasien penderita penyakit diabetes melitus diharuskan menjalankan diet diabetes melitus dengan tepat (Buckman dan Cris, 2017) peningkatan penyakit DM sebagian besar diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat, dimana sering kali penderita jarang memperhatikan asupan makanan yang sehat sehingga kadar gula penderita jarang terkontrol (Ramadhanita, et al.,2022). Metode: jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional, pengambilan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 57 orang, desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional, lokasi penelitian di klinik mitra permata hati dempet demak, populasi sebanyak 66 penderita,teknik dari penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diolah dengan statistic menggunakan uji chi square. Hasil : karakteristik responden berdasarkan umur dengan kelompok umur 46-55 tahun sebanyak 20 responden(35,1%), karakteristik berdasarakan jenis kelamin dengan jenis kelamin perempuan  sebanyak 32 responden(56,1%), karakteristik berdasarkan pendidikan dengan pendidikan tertinggi adalah SMP sebanyak 18 responden(31,6%), karakteristik berdasrakan pekerjaan dengan pekerjaan terbanyak adalah petani sebanyak 18 responden(31,6%),krakteristik berdasarkan status pernikahan adalah menikah sebanyak 53 responden(93,0%), karakteristik responden berdasarkan lama menderita DM rata – rata sekitar 5 tahun dengan standar deviasi 2,18,  karakteristik dari data bivariat responden dengan dukungan keluarga yang mendukung sebanyak 19 dari 36 responden(70,4%), dibandingkan dengan pasien yang tidak mendukung sebanyak  15 dari 21 responden(26,3%), sedangkan  yang mendapat dukungan keluarga yang tingkat patuh sebanyak 17 dari 36 responden(29,8%), sedangkan dukungan keluarga yang tidak patuh sebanyak 6 dari 21 responden(7,6%). Simpulan : Hasil uji statistik yang ditunjukkan pada Tabel 4.9 menghasilkan nilai p-value = 0,002 (< 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan bermakna antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pasien DM. Nilai koefisien korelasi (r = 0,598) menunjukkan hubungan yang cukup kuat dan positif. Artinya, semakin baik dukungan keluarga yang diterima pasien, maka semakin tinggi pula tingkat kepatuhan diet yang dijalankan.

Penerbit
CV Ruang Publikasi Ilmiah
Halaman
460-472
Kata kunci
Dukungan Keluarga; Kepatuhan Diet
E-ISSN
3089-0128
Unduh PDF di penerbit Lihat di situs jurnal